Yogyakarta Paling Patuh Laporkan SPT, Dirjen Pajak Terharu

in Pilihan Redaksi, 2015-09-15 09:28:16, 565x

Warga Yogyakarta paling patuh melaporkan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak ketimbang provinsi lain. Fakta itu pun membuat Dirjen Pajak Kementerian Keuangan Sigit Priadi Pramudito terharu dan terkesima.

"Saya terharu melihat pekerja kecil sampai besar di sini tetap patuh bayar pajak. Data laporan pajak dari SPT di DIY, hingga Juni 2015 sudah tercapai 101 pesen," ujar Sigit dalam kata sambutannya di acara Pemberian Penghargaan Apresiasi Wajib Pajak 2015 di Kantor Kepatihan DIY, Selasa (9/6/2015).

Ia menegaskan penghargaan yang diberikan ditujukan tidak hanya untuk para nominator, namun juga untuk seluruh warga DIY.

"Maka penghargaan ini adalah penghargaan bagi seluruh wajib pajak di Yogyakarta yang sudah patuh membayar pajak. Semoga tahun depan meningkat penerimaan negaranya," tuturnya.

Dengan tingginya kepatuhan bayar pajak, ia merasa warga Yogyakrta patut dicontoh oleh warga provinsi lain.

"Tingkat kepatuhan yang tinggi menunjukan kalau warga Yogayakarta sudah tahu pentingnya pajak bagi kemanjuan bangsa. Tanpa pajak negara kita tak bisa maju. Sayangnya tax ratio Pajak di Indonesia masih 11 persen," jelasnya.

Untuk itu pihaknya akan menggenjot penerimaan pajak dengan strategi pendekatan dengan cara halus dan sosialisasi langsung ke masyarakat.

"Wajib pajak kini kami anggap sebagai mitra. Tahun ini adalah tahun pembinaan. Kami akan membantu dan mensosialisasikan wajib pajak semaksimal mungkin agar bisa membayar pajak. Kalau ada petugas kami yang arogan, mohon lapor kami," tegasnya.

Sedangkan tahun depan, pihaknya menargetkan semua wajib pajak sudah tahu dan sadar pajak.

Dalam kesempatan yang sama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X merasa bahagia dan bangga pada penghargaan yang diberikan kepada warganya.
  
RRN

Lainnya

Video Gallery View all