Pemkot Yogya Pastikan Tak Ada Daging Glonggongan di Wilayah Kota Yogya

in Pilihan Redaksi, 2015-07-10 06:21:56, 311x

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta lewat Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Yogyakarta menjamin tidak ada daginh glonggongan yang beredar di pasar tradisional yang ada di Kota Yogyakarta. Pasalnya, Disperindagkoptan Kota Yogyakarta telah melakukan pemeriksaan berlapis untuk semua daging yang akan diperjualbelikan di wilayah Kota Yogyakarta.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Pengawasan Mutu Komoditas dan Kesehatan Hewan Disperindagkoptan Kota Yogyakarta, drh Endang Finiarti. Ia menghimbau bagi masyarakat yang mendapat informasi mengenai pengoplosan daging, daging glonggongan, maupun ayam tiren, bisa segera melaporkan ke Disperindagkoptan Kota Yogyakarta.

"Namun kami bisa memastikan kalau tidak ada daging glonggongan yang beredar di pasar yang ada di Kota Yogyakarta. Sebab pengawasan yang kami lakukan sangat ketat," kata Endang, Kamis (9/7/2015).

Pengawasan daging di Kota Yogyakarta, lanjutnya, dilakukan secara berlapis. Terlebih pengawasan dilakukan secara rutin, tidak hanya menjelang Lebaran. Semua daging yang berasal dari luar Yogyakarta, harus melalui pemeriksaan ulang di Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

Meski daging tersebut sudah memiliki surat dari daerah asal, namun harus tetap dilengkapi surat pemeriksaan ulang dari Pemerintah Kota Yogyakarta. Maka baru daging-daging tersebut boleh diperjualbelikan.

Endang menjelaskan hal tersebut sesuai dengan Perda Nomor 21 Tahun 2009 tentang RPH dan Penanganan Daging. Jika dinyatakan baik, maka daging akan diberi sertifikat her kuiring. Artinya daging tersebut telah dinyatakan layak jual.

"Jika ada pelanggaran, kami sudah bekerjasama dengan Dinas Ketertiban Kota Yogyakarta. Mereka yang nantinya melakukan penindakan. Tapi semua pasar tradisional yang ada di Kota Yogyakarta telah berada di bawah pengawasan kami. Setidaknya tiga kali seminggu kami melakukan pemeriksaan rutin," papar Endang. (*)

Lainnya

Video Gallery View all